RSS

TARGET COSTING


Biaya Manufaktur juga disebut biaya produksi atau biaya pabrik biasanya didefinisikan sebagai jumlah darti tiga elemen biaya: bahan baku langsung, tenaga kerja langsung dan overhead pabrik. Bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung, keduanya disebut biaya utama(prime cost). Tenaga langsung dan overhead pabrik, keduanya disebut biaya konversi.
         Bahan baku langsung adalah semua bahan baku yang membentuk bagian integral dari produk jadi dan dimasukkan secara explisit dalam perhitungan biaya produk. Contoh dari bahan baku lansgsung adalah kayu yang digunakan untuk membuat mebel dan minyak mentah yang digunakan untuk membuat bensin dan contoh bahan baku tidak langsung adalah jumlah paku pada mebel.
        
Tenaga kerja langsung adalah  tenaga kerja yang melakukan konversi bahan baku langsung menjadi produk jadi dan dapat dibebankan secara layak ke produk tertentu. Dua masalah sering muncul ketika usaha untuk mengidentifikasi tenaga kerja langsung sebagai elemen biaya yang terpisah dilakukan. Pertama, pekerja yang sama melakukan kemudian berbagai tugas. Mereka dapat bergantian mengerjakan tugas tenaga kerja langsung kemudian tugas tenaga kerja tidak langsung secara cepat dan sering, sehingga biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung menjadi:
Overhead pabrik juga disebut overhead manufaktur, beban manufaktur, atau beban pabrik  terdiri dari atas semua biaya manufaktur yang tidak ditelusuri secara langsung ke output tertentu. Overhead pabrik biasanya memasukkan semua biaya manufaktur kecuali bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung. Bahan baku tidak langsung adalah bahan baku yang diperlukan untuk penyelesaian suatu produk tetapi tidak diklasifikasikan sebagai bahan baku langsung karena bahan baku tersebut tidak menjadi bagian dari produk. Contohnya amplas, pola kertas, dan pelumas.Tenaga kerja tidak langsung adalah tenaga kerja yang tidak dapat ditelusuri langsung karena ke kontruksi atau komposisi dari produk jadi. Tenaga kerja tidak langsung termasuk gaji pengawas, pegawai pabrik, pembantu umum, pekerja bagian pemeliharaan, seperti pekerja bagian gudang. Dalam bisnis jasa tenaga kerja tidak langsung dapat mamasukan gaji resepsionis, operator telepon, pegawai yang melakukana penyimpanan dokumen dan pegawai yang menangani barang. Beban Komersial terdiri dari atas dua klasifikasi besar: beban pemasaran dan beban administratif (juga disebut beban umum dan administratif). Beban pemasaran mulai dari titik dimana biaya manufaktur berakhir. Yaitu, ketika proses manufaktur selesai dan produk ada dalam kondisi siap dijual. Beban pemasaran termasuk beban promosi, beban penjualan dan pengiriman. Beban administratif termasuk beban yang terjadi dalam mengarahkan dan mengendalikan organisasi.
            Ketiga komponen biaya produksi tersebut harus selalu dilakukan perencanaan dalam rangka pengendalian biaya. Sebelum kita lakukan perencanaan biaya, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu bagaimanakan siklus hidup suatu produk.Siklus hidup produk (product life cycle(link download)

0 komentar:

Posting Komentar